Apresiasi Media, Kementerian PPPA Gelar Penganugerahan Piala MERAK 2019

Apresiasi Media, Kementerian PPPA Gelar Penganugerahan Piala MERAK 2019

Jakarta, 9 Desember 2019 – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,  Bintang Puspayoga hari ini memberikan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) Tahun 2019 kepada beberapa media serta wartawan menginspirasi 2019. Malam Penganugerahan ini merupakan acara puncak dari rangkaian Media Kompetisi 2019 yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya sebagai wujud apresiasi KPPPA kepada media yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada upaya sosialisasi dan edukasi dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, serta menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik.

Media Kompetisi 2019 yang telah berlangsung pada September-November 2019 ini dibagi menjadi tiga mata lomba, yaitu lomba penulisan artikel, fotografi, dan video feature. Selain itu, juga diberikan penghargaan khusus bagi Media Menginspirasi dan Wartawan Menginspirasi. Dalam rangka mensosialisasikan peran keluarga dalam perlindungan anak, KPPPA mengusung tema “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak Menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030”. Proses penjurian seluruh lomba telah dilakukan selama bulan November 2019. Dewan juri yang terdiri dari para pakar telah melakukan pleno dan memutuskan 3 pemenang untuk setiap mata lomba. Dewan juri antara lain terdiri dari Lenny N. Rosalin, Masmimar Mangiang, Sonya Hellen Sinombor, Arbain Rambey, Irwan Rinaldi, Teddy Ichsan Arifin dan Prisca Niken.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga dalam Malam Penganugerahan Piala MERAK 2019, mengucapkan selamat kepada wartawan dan media penerima penghargaan Anugerah MERAK 2019, sekaligus berharap penghargaan yang diterima mampu menjadi motivasi untuk lebih maju lagi bekerja dalam melindungi anak Indonesia. “Semoga penganugerahan ini menjadi inspirasi bagi rekan media dan jurnalis lain untuk lebih memperhatikan secara serius pemenuhan hak anak, utamanya dalam hal penyajian pemberitaan dan informasi anak guna mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030.”

Sementara itu, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Lenny N Rosalin, menuturkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan agar media selalu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang perlindungan anak. “Melalui acara ini, Saya berharap media akan selalu bergerak untuk menyuarakan pentingnya peran keluarga dalam upaya pemenuhan hak anak, juga menjadi inspirasi bagi masyarakat umum bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak” jelasnya.

Acara penganugerahan Piala MERAK 2019 diawali dengan sesi diskusi yang mengangkat tema Peran Media dalam Mendidik Keluarga untuk Pemenuhan Hak Anak, yang menghadirkan Lenny N Rosalin; Antropolog dari Universitas Indonesia, Semiarto Aji; Dewanto wartawan Antara; dan testimoni Shahnaz Haque sebagai seorang ibu.

Selain memberikan penghargaan kepada pemenang lomba artikel, fotografi, dan video feature pada Media Kompetisi 2019, Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan kepada Media dan Wartawan Menginspirasi yang menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik. Melalui Malam Penganugerahan Piala MERAK 2019, media serta masyarakat diharapkan dapat berkontribusi pada upaya sosialisasi dan edukasi dalam pemenuhan hak anak guna mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030.

2020-03-11T07:59:28+00:00