Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sosialisasikan Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak melalui Media Kompetisi 2019

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sosialisasikan Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak melalui Media Kompetisi 2019

 

 

Jakarta, Oktober 2019 – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menggelar kompetisi penulisan artikel, foto dan video feature yang ditujukan kepada wartawan, baik dari media cetak maupun media daring. Kompetisi yang akan berlangsung mulai dari 26 September hingga 31 Oktober 2019, bertujuan untuk mengajak media untuk turut melakukan edukasi kepada masyarakat luas seputar isu peran keluarga dalam perlindungan anak. Kompetisi ini mengusung tema “Anak Indonesia, Gembira!” : Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

“Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak. Anak-anak akan mengikuti dan mencontoh orangtua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku karena anak adalah kelompok makhluk yang rentan karena  berusia kurang dari 18 tahun.” Jelas Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.

Perlindungan terhadap anak membutuhkan kesadaran khusus dari pihak keluarga agar memiliki pengasuhan yang berkualitas, berwawasan, keterampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Menurut Yohana, Keluarga mempunyai peran untuk melindungi anak dengan memberikan pola asuh yang sesuai dengan prinsip yang digunakan dalam pembangunan anak Indonesia, yang mengacu pada Konvensi Hak Anak yaitu : Non Diskriminasi ; Kepentingan Terbaik Bagi Anak ; Hak Hidup, Kelangsungan Hidup, dan Perkembangan; dan Menghargai Pandangan Anak.

Setiap anak merupakan bagian dari suatu keluarga, memiliki tugas perkembangan sesuai dengan tingkat usia serta memiliki hak dan kesempatan untuk bertumbuh-kembang dengan optimal. Hal tersebut dapat terwujud jika setiap keluarga paham akan pentingnya pemenuhan hak-hak anak. Keluarga memegang peranan utama dalam proses tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan dan pembentukan kepribadian seorang anak untuk bersiap menjalani masa depan yang lebih baik.

 

Menurut UU Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2002, ada 31 hak anak yang perlu dipenuhi agar anak-anak agar mereka dapat hidup sejahtera. Dari 31 hak anak tersebut, secara garis besar terbagi menjadi 5 klaster yaitu meliputi: Hak Sipil dan Kebebasan; Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif; Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan; Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya; dan Perlindungan Khusus.

Berdasarkan penuturan dari Deputi bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny N Rosalin, upaya pemenuhan hak anak memerlukan komitmen yang kuat dari ayah dan ibu maupun orang-orang dewasa yang ada dalam keluarga. Orang dewasa harus memperluas wawasan dan melatih kepekaan agar kebutuhan hak  anak terpenuhi, jadikan hak anak sebagai priotitas utama dalam mendampingi tumbuh kembangnya.

Negara menjamin agar hak-hak anak dapat terpenuhi. Namun dalam hal ini, media memiliki peranan penting. Media, sesuai dengan Pasal 3 UU No. 40 Tahun 1999, memiliki fungsi sebagai saluran informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Dalam Pasal 27 ayat (5) UU No. 35 tahun 2014, disebutkan bahwa peran media seputar isu perlindungan anak dilakukan melalui penyebarluasan informasi dan materi edukasi yang bermanfaat dari aspek sosial, budaya, pendidikan, agama, serta kesehatan anak dengan memperhatikan kepentingan anak.

Melalui kompetisi ini, media diharapkan dapat memotret kehidupan anak Indonesia dengan berbagi kondisi dan permasalahannya melalui artikel, foto dan video feature untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030. Media kompetisi ini akan memberi penghargaan kepada awak media pewarta tulis ,pewarta foto dan pewarta televisi di seluruh Indonesia. Penghargaan berupa hadiah uang dan sertifikat akan diterima para pemenang media kompetisi. Kompetisi ini akan berakhir pada 31 Oktober 2019, dan penjurian akan dilaksanakan pada 1 November 2019. Pengumuman pemenang kompetisi dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 20 November 2019 dalam acara Malam Anugerah Merak (Media Ramah Anak) 2019.

2020-03-11T06:57:01+00:00